Tips Komputer agar tidak cepat panas

Inilah beberapa 

Tips dari Saya agar Prossesor tidak cepat panas

Komputer bukan lagi kebutuhan barang mewah yang hanya diperuntukan bagi orang-orang kaya saja, namun dilihat dari manfaatnya yang begitu besar sehingga teknologi komputer akhir-akhir ini sudah merambah ke berbagai kalangan masyarakat mulai dari masyarakat kelas bawah hingga kelas atas, dari kota sampai ke desa-desa. Jika dilihat dari besaran harganya di pasaran saat ini dirasakan memang masih cukup mahal, apalagi bagi orang yang kehidupan ekonomi yang serba pas-pasan.
Meskipun masih terasa mahal, tetapi tetap saja harus membelinya karena kebutuhan membuat seseoarang terpaksa membeli komputer walaupun dengan cara mengangsur alias kredit.
Setelah membeli dengan susah payah tentu saja tidak hanya digunakan beberapa hari saja atau beberapa bulan saja. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa tips untuk merawat computer,.

Salah satu cara merawat computer adalah dengan menjaga suhu pada processor, dengan memastikan pendingin processor (headsink) dan kipas.
selalu  bekerja dengan baik.

Perlu diingat bahwa apabila terjadi panas yang berlebihan pada processor dapat menyebabkan komputer sering restart atau bahkan bisa mati dengan tiba-tiba.

Selain karena panasnya processor, bisa juga disebabkan oleh serangan beberapa jenis virus.

Untuk menjaga keadaan suhu pada processor sebaiknya ikuti langkah berikut :

gambar prosessor

1.  Langkah pertama yang harus dilakukan adalah putuskan hubungan atau kontak listrik dari stop kontak ke komputer Anda. Diamkan beberapa saat untuk memberikan kesempatan pada headsink agar lebih dingin. Setelah dingin barulah Anda boleh membuka atau melepaskan headsink beserta kipasnya dari processor.

2.  Setelah headsink dan kipas terlepas dari processor maka sekarang tugas Anda memisahkan kembali antara kipas dan headsink, selanjutnya bersihkan kipas dengan kain lap basah (jangan terlalu basah) dan bersihkan di celah-celah plat headsink dari debu yang melekat, bila perlu cucilah dengan air dan sabun dengan menggunakan kuas atau sikat yang lembut hingga bersih. Keringkan headsink (ingat jangan ada sisa air diantara cela headsink) agar terhindar dari adanya hubungan pendek atau korslet.


3.  Bila sudah selesai semua, sekarang tugas anda untuk memasang kembali kipas dengan headsink dan selanjutnya pasang juga headsink dan kipas yang sudah disatukan ke processor seperti semula.

gambar heatsink dengan kipas

4.  Disarankan agar melakukan perawatan ini setiap 3 bulan sekali atau tergantung keadaan lingkungan tempat komputer itu berada. Bila tempatnya banyak debu sebaiknya dibersihkan setiap sebulan sekali dan jikalau tempatnya mungkin berpendingin ruangan (AC) atau kurang debunya maka bisa saja dilakukan perawatan 3 bulan sekali.


Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan
processor :

* Pastikan bagian atas prosesor Anda telah diolesi dengan thermal paste. Thermal Paste atau Thermal Grease adalah bahan gel yang berfungsi untuk mengangkat panas dari prosesor ke headsink. Untuk thermal paste yang berwarna silver memiliki kualitas lebih baik ketimbang yang berwarna putih.
Thermal paste

* Pastikan casing memiliki jalur sirkulasi yang lancar, karena casing yang kurang sirkulasi akan menyebabkan komponen hardware didalamnya, termasuk processor, menjadi lebih cepat panas.

* Rapikan kabel-kabel, terutama kabel tipe ATA yang berukuran lebih besar dan lebar dibandingkan kabel SATA. Kabel yang rapi dapat memperlancar aliran udara dalam casing.

* Untuk komputer pribadi, mungkin Anda adpat membuka penutup casing, untuk efektivitas kelancaran sirkulasi udara, walaupun mungkin tidak sesuai dengan nilai estetika dan tidak enak dilihat karena hardware di dalamnya tampak dari luar.

Source :
(edited)

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Tinggal disebuah gubuk kecil yang terletak disuatu kota.

Statistik

Diberdayakan oleh Blogger.